SK & KD Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai
SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji
seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan
isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi,
Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik
diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang
peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat
global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran
IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan
analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan
bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun
secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju
kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan
tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan
mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata
pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis
dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3. Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan
1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada
masa pra-aksara di
|
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi
sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
2.4 Menguraikan proses
interaksi sosial
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3.2 Mengidentifikasi tindakan
ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Kelas VII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
|
4.1 Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan
informasi keruangan
4.2 Membuat sketsa dan
peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3 Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk
4.4 Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap
kehidupan
|
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa
Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa
|
|
6.
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
1.1 Mendeskripsikan kondisi
fisik wilayah dan penduduk
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
1.3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan
hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan
dampaknya terhadap pembangunan
|
2. Memahami proses
kebangkitan nasional
|
2.1 Menjelaskan proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
2.2 Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
3. Memahami masalah
penyimpangan sosial
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras,
judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan
sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2 Mengidentifikasi berbagai
upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
4. Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat
|
4.1 Mendeskripsikan
hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak
terbatas
4.2 Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah
tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi,
dan negara
4.3 Mengidentifikasi bentuk
pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
|
Kelas VIII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami
usaha persiapan kemerdekaan
|
5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
5.2
Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia
|
6.
Memahami pranata dan penyimpangan sosial
|
6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan
sosial
6.2 Mendeskripsikan
pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan upaya
pengendalian penyimpangan sosial
|
7. Memahami kegiatan
perekonomian Indonesia
|
7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja
dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan
pemerintah dalam upaya penanggulangannya
7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam
sistem perekonomian Indonesia
7.3
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
7.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran
serta terbentuknya harga pasar
|
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara di
dunia
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
1.2
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta
pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di
|
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
3. Memahami perubahan sosial budaya
|
3.1 Mendeskripsikan perubahan
sosial-budaya pada masyarakat
3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam
menyikapi perubahan
|
4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional
|
4.1 Mendeskripsikan uang
dan lembaga keuangan
4.2 Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
Kelas IX, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5. Memahami hubungan
manusia dengan bumi
|
5.1 Menginterpretasi peta
tentang bentuk dan pola muka bumi
5.2
Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
5.3 Mendeskripsikan pembagian
permukaan bumi atas benua dan samudera
|
6. Memahami usaha mempertahankan Republik
|
6.1 Mendeskripsikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut
Irian Barat
6.2 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa
Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama
internasional
|
7.1 Menjelaskan
berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
7.2 Menguraikan
perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam
kerjasama internasional
7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan
sosial-budaya di era global
7.4 Mendeskripsikan
kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
7.5 Mengidentifikasi dampak
kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
0 Response to "SK & KD Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)"
Post a Comment