Letak Astronomis

Assalamualaikum. Sahabat Blogger, kali ini saya akan berbagi materi IPS kelas 8 tentang letak astronomis. Langsung saja Sahabat Blogger bisa simak selengkapnya di bawah ini.


Setiap wilayah di muka bumi memiliki letak astronomis yang berbeda-beda. Letak astronomis merupakan letak dari suatu wilayah di permukaan bumi berdasarkan perbedaan letak garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan letak astronomisnya, wilayah Indonesia di permukaan bumi terletak antara 6º LU–11º LS dan 95º BT–141º BT.


Indonesia merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang dilalui oleh garis lintang 0º  atau garis khatulistiwa (ekuator). Garis khatulistiwa, yaitu garis khayal pada peta atau globe yang membagi wilayah bumi menjadi dua bagian utara dan selatan yang sama besar. Terdapat beberapa kota di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa, salah satunya yaitu Pontianak (Kalimantan Barat). Di Pontianak dapat ditemukan tugu khatulistiwa yang menjadi ciri dilaluinya Kota Pontianak oleh garis khatulistiwa (ekuator). Batas wilayah Indonesia paling utara tepat melewati Pulau Weh di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Jika dilihat dari posisi astronomis Indonesia terletak di kawasan iklim tropis dan berada di belahan timur bumi. Indonesia berada di kawasan tropis, hal ini membuat Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Di Indonesia hanya terjadi dua kali pergantian musim dalam setahun yaitu musim kemarau dan hujan. Negara-negara yang memiliki iklim tropis pada umumnya dilimpahi alam yang luar biasa. Curah hujan tinggi akan membuat tanah menjadi subur. Flora dan fauna juga sangat beraneka ragam.


Sedangkan pengaruh dari letak dilihat dari garis bujur, maka Indonesia memiliki perbedaan waktu yang dibagi menjadi tida daerah waktu yaitu Indonesia bagian timur (WIT), Indonesia bagian tengah(WITA), dan Indonesia bagian barat(WIB).

Sumber: Buku Elektronik "Jelajah Cakrawala Sosial", Penulis: Nurhadi, dkk.

0 Response to "Letak Astronomis"

Post a Comment