Ada Apa dengan Hatimu?



Sahabat... Sudahkah di Ramadhan kali ini engkau tafakkur... melihat keadaan hatimu sendiri... tidak selalu melihat dan membicarakan keadaan orang lain.

Tidakkah kau temukan.. kalau hatimu juga gersang... ia juga perlu siraman keimanan.... perlu ketenangan shalawat dan perlu kesejukan istighfar.

Jika kita sering beristighfar dan memohon ampunan atas segala dosa, maka akan bersihlah hatinya, karena setiap  terperosok kepada satu kesalahan, ia selalu mengakuinya dan menjaga agar ia tidak terperosok ke lubang yang sama.

Rasulullah bersabda "Sesungguhnya seorang hamba jika ia melakukan kesalahan, maka akan tercemari hatinya dengan bercak hitam. Jika ia menghentikan kesalahannya dan beristighfar dan bertaubat maka hatinya akan bersih lagi.

Jika ia melakukan kesalahan lagi, dan menambah dosa lagi, maka  lama kelamaan hatinya akan menjadi hitam pekat.

Inilah yang di maksud dengan ar-Raan ( penutup hati ) yang disebut Allah dalam firmannya dalam surat Al Muthoffifin ayat 14
"Sekali sekalian tidak (demikian) sebenar nya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka".
HR. Tirmidzi no.3334 dan Imam Ahmad no.297.

Begitu pula dengan dosa dosa kecil..janganlah selalu meremehkannya.. karena dosa kecil akan menjadi besar jika kita melakukannya terus menerus. Akibatnya.. Hati menjadi hitam dan lebih keras dari batu.. Sehingga sulit menerima nasihat dan peringatan dari orang lain, terasa berat melakukan ibadah, hidup selalu galau, dan tidak  takut dengan azab Allah.

Jika hatimu bersih, wajahmu juga akan jauh lebih beraih bersinar. Tutur katamu pun akan santun dan penuh hikmah. Tubuhmu pun akan memancarkan kesehatan dan kedamaian.

Orang yang hatinya bersih biasanya mau menerima nasihat orang lain, tidak pendendam dan mudah memaafkan kesalahan orang lain.  Hati yang tidak mengenal iri, dengki dan permusuhan.

Hati yang bersih...tidakkah ingin engkau memilikinya..?
Oleh karena itu perbaikilah kerusakan hati kita, jagalah agar senantiasa bersih dan belajarlah berbaik sangka dengan Allah dan dengan saudaramu sesama manusia.

Semoga di bulan Ramadhan ini, kita dapat melatih diri untuk bisa menjaga hati dan dapat mensucikan jiwa. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita semua hati yang bersih, yang menjadi penyebab bagi kita masuk ke surga, berkat bulan Ramadhan yang mulia ini. Aamiin.

Sumber : Grup WA Saling Mengingatkan

0 Response to "Ada Apa dengan Hatimu?"

Post a Comment