Sekolah Cuma 5 Jam, Tanpa PR & Ujian Nasional, Kenapa Pelajar di Finlandia Bisa Pintar?

Sobat Blogger, saya nemu artikel yang menarik tentang bagaimana pola pendidikan di luar negeri khususnya di Negara Finlandia. Memang kalau dibandingkan dengan sistem pendidikan di Negara Indonesia, sangatlah jauh berbeda. Makanya hasilnya pun berbeda dari segi kualitasnya.
Mungkin jika seandainya diterapkan di Indonesia, bakalan membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan sistem pendidikan yang diterapkan di Finlandia.

Semasa sekolah dulu, rasanya mustahil kamu bisa dijuluki murid pintar kalau dapat ranking bontot. Apalagi kalau gak lulus Ujian Nasional, rasanya dunia selesai di titik itu. Ketatnya persaingan di sekolah mungkin memang bertujuan supaya kita berlomba-lomba jadi lebih pintar. Tapi tahukah kamu, negara dengan pendidikan terbaik dan murid terpintar di dunia yaitu Finlandia justru melakukan hal yang sebaliknya?

Berbeda dengan kita yang harus menghadapi ujian nasional tiap mau naik jenjang sekolah, seumur-umur pelajar di Finlandia hanya menghadapi 1 ujian nasional ketika mereka berumur 16 tahun. Tidak hanya minim pekerjaan rumah, pelajar di Finlandia juga mendapatkan waktu istirahat hampir 3 kali lebih lama daripada pelajar di negara lain. Namun dengan sistem yang leluasa entah bagaimana mereka justru  bisa belajar lebih baik dan jadi lebih pintar. Nah, inilah fakta yang diterapkan oleh Finlandia ke dalam sistem pendidikan.

Nah, itulah beberapa poin penting pola pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Finlandia. Memang, kita gak bisa serta merta menyontek sistem pendidikan Finlandia dan langsung menerapkannya di Indonesia. Dengan berbagai perbedaan institusional atau budaya, hasilnya juga mungkin gak bakal sama.

Tapi gak ada salahnya ‘kan belajar dari negara yang udah sukses dengan reformasi pendidikannya? Siapa tahu bisa menginspirasi adminitrasi baru untuk mengadakan perubahan demi pendidikan Indonesia yang lebih baik. Karena dengan pendidikan yang berkualitas, akan menghasilkan SDM yang berkualitas pula. Dengan SDM yang berkualitas, maka Negara kita akan lebih siap lagi guna menghadapi persaingan global.


0 Response to "Sekolah Cuma 5 Jam, Tanpa PR & Ujian Nasional, Kenapa Pelajar di Finlandia Bisa Pintar?"

Post a Comment