DO'A MU BISA MERUBAH TAQDIRMU

Sumber Gambar : https://1.bp.blogspot.com/-x45rkbC0nF8/VkRNYBfmFEI/AAAAAAAAAKY/m-yU10ddmQE/s1600/Berdoa.jpg


Ada Sahabat yang bertanya, apakah do'a bisa merubah takdir..?

Jawabannya..tentu saja bisa. Allah berfirman dalam surat Al Ra'ad ayat 39 yang berbunyi
 "Allah menghapuskan apa yang telah Dia kehendaki dan  mentapkan apa yang Dia kehendaki, dan.disisiNya lah terdapat Ummul Kitab (Lauh Mahfuzh)

Ada beberapa jenis taqdir, ada yang sudah tertulis di Lauh Mahfuzd, yang mana semuanya sudah dipertimbangkan. Misalanya umurmu ditulis 20 tahun..tetapi karena do'a mu meminta umur panjang dan berkah serta selalu berbuat baik, maka takdirmu dirubah menjadi 60 tahun.

Ada juga taqdir yang dibawa malaikat pada malam Lailatul Qadr, ini juga sudah tertulis ketika kita masih dalam kandungan. Dan ada pula taqdir yang ditulis dalam kehidupan sehari- harimu. Dan kesemua itu bisa dirubah jika Allah berkehandak.

Rasulullah SAW bersabda bahwa "Tidak ada yang dapat menolak taqdir selain do'a. Dan tidak ada yang dapat memperpanjang umur seseorang selain perbuatan baik".
 HR. Tirmidzi 2065

Allah berfirman  dalam Surah Al Baqarah ayat 186 : "Dan apabila hamba- hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah, bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu dalam kebenaran.

Dari ayat ini jelas diterangkan bahwa Allah akan mengabulkan permohonan orang yang berdo'a, tetapi Allah juga memberikan syarat jika ingin dikabulkan do'a mu yaitu memenuhi segala perintah Allah dan beriman/ yakin dengan janji Allah.

Jadi jangan mengeluh dan mempertanyakan, kenapa Allah tidak menjawab do'a ku, kenapa Allah terus menerus memberiku cobaan, tapi renungilah dahulu apakah kamu sudah berusaha memenuhi persyaratan yang ditentukan Allah.

Karena boleh jadi do'a mu tak terkabul akibat dosa yang belum ditaubati karena melanggar perintahNya dan mengabaikan hak-hak Allah. Maka responlah panggilan Allah, sesungguhnya Allah juga rindu pada hamba yang kembali ke pelukannya setelah pergi jauh meninggalkanNya.

Maka dari itu, janganlah berputus asa dengan rahmat Allah. Berdo'alah kepada Allah Yang Maha Kuasa merubah taqdir kita seperti berikut ;

"Ya Allah, perbaikilah agamaku, yang mana ia merupakan penjaga perkaraku. Perbaikilah duniaku yang didalamnya terdapat kehidupanku. Perbaikilah akhiratku yang didalamnya terdapat tempat kembaliku. Jadikanlah hidupku sebagai tambahan setiap kebaikan untukku, Serta jadikan matiku sebagai istirahat untukku dari segala keburukan."
HR. Muslim 4897
                                                                                                    
Ampun maaf, minta halal dan minta ridha. Semoga bermanfaat dan silahkan di share.. semoga menjadi amal jariah yang berguna bagi dunia dan akhirat kita. Aamiin.

Sumber : Grup WA Saling Mengingatkan, Syah Maulana Yusuf Ibrahim
                                                                                                        

0 Response to "DO'A MU BISA MERUBAH TAQDIRMU"

Post a Comment